Thursday, April 14, 2016

Sehat dengan 5 Macam Jus Sayuran


Sudahkah anda makan sayuran hari ini?

Sengaja pertanyaan tersebut saya lontarkan diawal postingan kali ini. Jika jawabannya belum maka Anda harus membaca postingan kali ini dengan baik. Why? Simak jawabannya sampai akhir postingan ini.

Semua orang tahu dan mengeti bahwa sayuran adalah makanan yang menyehatkan. Tetapi tidak semua orang makan sayuran hanya lantaran tidak ingin. Menurut penelitian para ahli, sayuran memiliki kandungan antioksidan, mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat menangkal radikal bebas.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, setiap hari dianjurkan mengkonsumsi lima takar sayuran. Hanya saja bagi Anda yang tidak suka/gemar dengan sayuran kebutuhan lima takar sayuran perhari ini sangat sulit untuk dipenuhi. Meskipun demikian ada satu cara yang dapat dilakukan untuk mensiasati ketidaksukaan akan sayuran yaitu dengan menjadikannya JUS. Ya, jus Sayur. Kenapa tidak. Jus sayur ini akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan sayur tanpa harus menggigit dan mengunyahnya. :)

Di bawah ini adalah beberapa jenis sayuran yang dapat dijadikan jus:

1. Brokoli

Menurut The National Cancer Institute  brokoli ini mampu mengurangi resiko kanker payudara karena di dalam brokoli terdapat kandungan inderol-3. Nah, mengingat manfaat brokoli Anda dapat membuat jus brokoli dengan cara mengkombinasikannya dengan wortel atau apel agar menambah rasa lebih enak.

2. Kol

Kol adalah jenis sayuran yang apabila dimasak akan mengeluarkan gas dari sulfur. Selain itu proses memasak dapat menghilangkan dan merusak kandungan nutrisi di dalamnya. Sehingga kol sangat bagus ketika dimakan saat mentah. Anda bisa mendapatkan betakaroten, vit C, sulfur, dan selenium. Beberapa mineral tersebut mampu melawan kanker, jantung, memperbaiki kondisi radang sendi, dan memperlambat penuaan.

Jika Anda membuat jus dengan Kol patikan anda meminumnya dalam 60 detik, karena setelah 60 detik asam amino akan rusak. Dan campurkan wortel dan seledri untuk mengurangi gas dari kol.

3. Seledri

Seledri adalah jenis sayuran yang kaya akan magnesium, besi dan krlorofil yang bagus untuk pembentukan darah. Sodium organik dalam seledri sangat cocok untuk Anda para atlit dengan intensitas berat karena membantu mempertahankan cairan dan elektrolit tubuh. Mengkonsumsi seledri dalam bentuk jus sangat bagus karena jus seledri merupakan tonik yang bagus untuk saraf. Selain itu jus seledri memiliki fungsi untuk mendinginkan tubuh serta membersihkan karbondioksida tubuh.

Jus Seledri dapat dicampur dengan wortel dan apel untuk menghilangkan rasa pahit.

4. Kentimun

Ketimun adalah jenis sayuran yang memiliki suhu 20 derajat lebih rendah dibandingkan suhu di luar sehingga ketimun merupakan pendingin tubuh alami.
Tips memilih mentimun untuk Jus
  • Patikan memilih ketimun yang berwarna hijau gelap dengan kulit yang bebas kerutan
  • Cuci bersih mentimun
  • Pilih ketimun yang bebas lilin

5. Bawang Putih

Kita tahu bawang putih adalah bumbu dapur dengan bau yang berlebih. Namun, bumbu dapur ini memiliki khasiat yang beraneka ragam seperti mengurangi tekanan darah, mengatasi pengentalan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mempercepat pemulihan serangan jantung.

Jika ingin membuat jus bawang putih, Anda cukup mengkonsumsi 1 siung saja per hari dan bisa dikombinasikan dengan jus yang lain. 

Sehat dengan Jus Sayuran kenapa tidak! sehat itu sebenarnya nggak mahal kok.

salam cantik ^_^

No comments:

Post a Comment